Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Mata Pelajaran : Fisika
Kelas/Semester : X/1 (satu)
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran (3 × 40 menit)
Standar Kompetensi : Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar : Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator : – Mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan.
– Menentukan dimensi suatu besaran dan menerapkannya dalam analisis dimensional.
I. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat membedakan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
– Siswa dapat menentukan dimensi suatu besaran dan menerapkan analisis
dimensional dalam pemecahan masalah fisika.
II. Materi Ajar
– Besaran Pokok dan Besaran Turunan
– Dimensi
III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan tanya jawab mengungkap kembali pengetahuan awal siswa tentang besaran dan satuan yang pernah dipelajari di SMP.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
- Guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang apa yang muncul di pikiran mereka saat mendengar istilah besaran dan satuan
Elaborasi
– Guru melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan besaran pokok dan besaran turunan kemudian mengelompokkan ke dalam besaran pokok dan besaran turunan
- Guru mengidentifikasi satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional pada besaran panjang, massa, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, jumlah zat, dan temperatur.
– Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab serta memberikan tugas pada siswa untuk menulis dimensi besaran pokok dan besaran turunan serta menunjukkan pemanfaatan analisis dimensional.
– Siswa melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan (soal-soal) yang diberikan guru atau soal-soal dari buku siswa yang berkaitan dengan besaran dan satuan serta dimensi.
Konfirmasi
– Guru memberikan kuis tertulis dengan cara lisan untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari.
Kegiatan Akhir
Dengan cara tanya jawab, dilakukan kegiatan menyimpulkan dan member penekanan pada materi besaran dan satuan serta dimensi, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, serta membaca dan memahami materi berikutnya.
V. Sumber Belajar
Sumber : Buku Fisika 1A (ESIS)
Buku Cerdas Belajar Fisika untuk Kelas X (Grafindo)
Pelita SMA Fisika kelas X Semester 1 (Arya Duta)
VI. Penilaian
– Kuis tertulis
– Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dalam tanya jawab/diskusi, penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa.
– Tugas
Contoh Soal Kuis Akhir
1. Tulislah dimensi kecepatan
2. Di antara besaran: massa, kecepatan, waktu, kuat arus listrik, yang bukan merupakan besaran pokok?
3. Satu miligram sama dengan ... kg.
4. Di manakah kilogram standar disimpan?
Jawaban Kuis
1. L T–1
2. kecepatan
3. 10–6
4. Paris
Komentar
Posting Komentar