Langsung ke konten utama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS X SMA


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran              : Fisika
Kelas/Semester             : X/1 (satu)
Pertemuan Ke-              : 1
Alokasi Waktu               : 3 jam pelajaran (3 × 40 menit)

Standar Kompetensi       : Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar         : Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator                        : – Mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan.
  – Menentukan dimensi suatu besaran dan menerapkannya dalam analisis  dimensional.

I. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat membedakan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
– Siswa dapat menentukan dimensi suatu besaran dan menerapkan analisis
dimensional dalam pemecahan masalah fisika.

II. Materi Ajar
– Besaran Pokok dan Besaran Turunan
– Dimensi

III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan tanya jawab mengungkap kembali pengetahuan awal siswa tentang besaran dan satuan yang pernah dipelajari di SMP.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-  Guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang apa yang muncul di pikiran mereka saat mendengar istilah besaran dan satuan
Elaborasi
– Guru melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan besaran pokok dan besaran turunan kemudian mengelompokkan ke dalam besaran pokok dan besaran turunan
-  Guru mengidentifikasi satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional pada besaran panjang, massa, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, jumlah zat, dan temperatur.
– Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab serta memberikan tugas pada siswa untuk menulis dimensi besaran pokok dan besaran turunan serta menunjukkan pemanfaatan analisis dimensional.
– Siswa melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan (soal-soal) yang diberikan guru atau soal-soal dari buku siswa yang berkaitan dengan besaran dan satuan serta dimensi.
Konfirmasi
– Guru memberikan kuis tertulis dengan cara lisan untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari.
Kegiatan Akhir
Dengan cara tanya jawab, dilakukan kegiatan menyimpulkan dan member penekanan pada materi  besaran dan satuan serta dimensi, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, serta membaca dan memahami materi berikutnya.

V. Sumber Belajar
Sumber : Buku Fisika 1A (ESIS)
               Buku Cerdas Belajar Fisika untuk Kelas X (Grafindo)
               Pelita SMA Fisika kelas X Semester 1 (Arya Duta)

VI. Penilaian
– Kuis tertulis
– Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dalam tanya jawab/diskusi, penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa.
– Tugas

Contoh Soal Kuis Akhir
1. Tulislah dimensi kecepatan
2. Di antara besaran: massa, kecepatan, waktu, kuat arus listrik, yang bukan merupakan besaran pokok?
3. Satu miligram sama dengan ... kg.
4. Di manakah kilogram standar disimpan?

Jawaban Kuis
1. L T–1
2. kecepatan
3. 10–6
4. Paris

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMAN 5 PARIAMAN

SMAN 5 Pariaman merupakan SMA termuda di kota Pariaman. Siswa/i angkatan pertama di SMAN 5 diterima pada tahun ajaran 2009/2010. Ini berarti, siswa/i tersebut saat ini sudah duduk di kelas XII. Pada tahun pertama berdirinya, kegiatan pembelajaran di sekolah ini dilaksanakan di SMAN 1 Pariaman. Demikian pula halnya dengan kegiatan pembelajaran pada tahun kedua. Pada tahun ketiga, siswa/i kelas X sudah mulai mengikuti kegiatan pembelajaran di gedung SMAN 5 Pariaman, sementara kelas XI dan XII masih mengikuti kegiatan pembelajaran di gedung SMAN 1 Pariaman. SMAN 5 Pariaman yang dipimpin oleh bapak Drs. Admiral ini, saat ini terdiri dari 14 rombongan belajar. terdiri dari 6 rombongan belajar kelas X, 4 rombongan belajar kelas XI, dan 4 rombongan belajar kelas XII. Kelas XI terdiri dari 1 rombongan belajar kelas IA dan 3 rombongan belajar kelas IS. Sedangkan kelas XII terdiri dari 2 rombongan belajar kelas IA dan 2 rombongan belajar kelas IS. Kegiatan pembelajaran didukung oleh 24 orang ...

Fokus Pada Hasil Komunikasimu, Marah-Marah Nanti Dulu

Jurnal Latihan Komunikasi Produktifku Hari Ke-6 Bismillaahirrahmaanirrahiim  Alhamdulillah, hari ini aku masih terus berusaha melatih komunikasi produktifku. Kawan bicaraku pada kesempatan ini yaitu anakku. Fokus utama yang kulatih yaitu pada poin "I am responsible for my communication results". Jadi, akulah yang bertanggung jawab atas hasil komunikasiku.  Tadi aku mendapati pakaian yang tersusun di lemari pakaian anakku berantakan. Adakalanya, saat situasi yang terjadi tidak sesuai harapanku, hatiku terasa sempit dan menjadi mudah marah pada anakku. Namun,  karena hasil komunikasiku adalah tanggung jawabku, maka aku fokus untuk menyampaiakan apa yang aku harapkan dilaksanakan atau diperbaiki oleh anakku di masa depan. Maka tadi, dalam merespon pakaian yang berantakan tadi, aku memilih untuk bertanya pada anakku. "A, mau Bunda tunjukkan caranya agar susunan pakaian tidak berantakan setelah mengambil baju?" "Tidak mau," jawab A. Aku pun bertanya lagi, ...

Jurnal Ke-1 Zona 8 - Berkegiatan Bersama Keluarga

  #tantanganzona8 #berkegiatanbersamakeluarga #jurnalke-1 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023