Langsung ke konten utama

Jurnal tantangan hari ke-3 Zona 5 ( Semua Anak adalah Bintang)



 Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Rabu, 12 Juli 2023 adalah hari pertama dimulainya tantangan zona 5 dengan tema "Semua Anak adalah Bintang". Namun, karena berbagai hal, bunda (saya) baru bisa menyetor jurnal hari ini.

✅️ Nama partner: Rafif

✅️ Usia partener: 9 tahun.

✅️ Cerita Aktivitas hari ini:

MEMBUAT JUS JAMBU BIJI

Di dalam kulkas ada stok buah yang bunda beli bersama Rafif beberapa hari yang lalu. 

"Fif, mau buat jus ndak, Fif?" bunda mencoba menawarkan kepada Rafif. 

"Mau, bund," jawab Rafif.

Bunda pun mengeluarkan buah jambu biji dari kulkas dan mengambil blender. Sementara Rafif mengambil pisau, saringan teh, mug, air, gula, batu es, lalu mencuci jambu biji.

"Menurut bunda jambu bijinya dikupas atau tidak?" tanya Rafif kepada bunda.

"Terserah Rafif saja. Kalau tidak dikupas tidak apa asalkan mencuci jambunya sampai bersih."

✅️  Respon anak pada aktivitas hari ini:

Rafif bersemangat membuat jus. Rafif melakukan proses pembuatan jus dari awal sampai selesai. Mulai dari mengupas jambu biji, memotong buah dan memasukkannya ke wadah blender, memasukkan sedikit gula, air, dan batu es. Menghidupkan blender, mematikan blender, menyalin jus buah ke 2 mug dengan menyaringnya terlebih dahulu. Cangkir yang satu untuk Rafif, yang satu lagi untuk ayah dan bunda. Tidak lupa memberi sedotan pada masing- masing mug.

Pada aktivitas membuat jus jambu biji ini, menurut pengamatan bunda, kualitas 4E (Enjoy, Easy, Excellent, Earn) Rafif adalah sebagai berikut:

Enjoy : ⭐️⭐️⭐️⭐️

Easy : ⭐️⭐️⭐️

Excellent : ⭐️⭐️⭐️⭐️

Earn : ⭐️⭐️⭐️

Berikut dokumen aktivitas membuat jus jambu biji : 










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023