Langsung ke konten utama

Pendidikan Seksual pada Anak Usia 0-7 Tahun

 Bismillaahirrahmaanirrahiim 

Memasuki hari ke-9 zona 7, kami para sobatualang disuguhi materi pendidikan seksual pada anak usia 0-7 tahun dari kelompok 4.

Perkembangan seksual pada anak usia 0-7 tahun dibagi dalam 3 fase:

1. Fase oral (0-2 tahun), di masa ini anak perlu kuat kedekatannya dengan ibunya.

2. Fase anal (3 tahun), di masa ini anak perlu dekat dengan kedua ayah ibunya.

3. Fase phallic (3-7 tahun), di masa ini anak laki-laki perlu dekat dengan ibunya dan anak perempuan perlu dekat dengan ibunya.

Sangat dianjurkan menyebutkan nama alat kelamin sesuai dengan nama aslinya. Sebagai mana kita menyebut hidung, mata, telinga, seperti itu pula seharusnya kita menyebutkan nama asli alat kelamin laki-laki, maupun nama alat kelamin perempuan tanpa perlu menggunakan "plesetan".

Ketika anak mulai bertanya atau penasaran tentang alat kelaminnya, responlah dengan reaksi biasa saja, bukan dengan reaksi berlebihan. Pola pikir anak masih sederhana, sehingga cukup jelaskan pertanyaan anak dengan sederhana.

Sedari kecil mulai biasakan anak kenal dengan gendernya, misanya dengan ucapan berikut untuk anak laki-laki"MasyaAllah, gantengnya anak Ibu. Semoga menjadi anak yang saleh ya, nak," 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023