Langsung ke konten utama

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KELAS X SMA


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Mata Pelajaran              : Fisika
Kelas/Semester             : X/1 (satu)
Pertemuan Ke-              : 1
Alokasi Waktu               : 3 jam pelajaran (3 × 40 menit)

Standar Kompetensi       : Menerapkan konsep besaran fisika dan pengukurannya
Kompetensi Dasar         : Mengukur besaran fisika (massa, panjang, dan waktu)
Indikator                        : – Mengidentifikasi besaran pokok dan besaran turunan.
  – Menentukan dimensi suatu besaran dan menerapkannya dalam analisis  dimensional.

I. Tujuan Pembelajaran
– Siswa dapat membedakan besaran pokok dan besaran turunan serta dapat memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari.
– Siswa dapat menentukan dimensi suatu besaran dan menerapkan analisis
dimensional dalam pemecahan masalah fisika.

II. Materi Ajar
– Besaran Pokok dan Besaran Turunan
– Dimensi

III. Metode Pembelajaran
1. Informasi/ceramah
2. Diskusi
3. Tanya jawab

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Awal
Guru membuka pelajaran, diteruskan dengan tanya jawab mengungkap kembali pengetahuan awal siswa tentang besaran dan satuan yang pernah dipelajari di SMP.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
-  Guru meminta siswa untuk mengungkapkan tentang apa yang muncul di pikiran mereka saat mendengar istilah besaran dan satuan
Elaborasi
– Guru melakukan diskusi kelas untuk menyebutkan besaran pokok dan besaran turunan kemudian mengelompokkan ke dalam besaran pokok dan besaran turunan
-  Guru mengidentifikasi satuan besaran pokok dalam Sistem Internasional pada besaran panjang, massa, waktu, kuat arus, intensitas cahaya, jumlah zat, dan temperatur.
– Guru memberikan ceramah dan melakukan tanya jawab serta memberikan tugas pada siswa untuk menulis dimensi besaran pokok dan besaran turunan serta menunjukkan pemanfaatan analisis dimensional.
– Siswa melakukan diskusi kelompok untuk memecahkan persoalan (soal-soal) yang diberikan guru atau soal-soal dari buku siswa yang berkaitan dengan besaran dan satuan serta dimensi.
Konfirmasi
– Guru memberikan kuis tertulis dengan cara lisan untuk mengetahui pemahaman materi yang telah dipelajari.
Kegiatan Akhir
Dengan cara tanya jawab, dilakukan kegiatan menyimpulkan dan member penekanan pada materi  besaran dan satuan serta dimensi, diteruskan dengan pemberian tugas mandiri, tugas kelompok, serta membaca dan memahami materi berikutnya.

V. Sumber Belajar
Sumber : Buku Fisika 1A (ESIS)
               Buku Cerdas Belajar Fisika untuk Kelas X (Grafindo)
               Pelita SMA Fisika kelas X Semester 1 (Arya Duta)

VI. Penilaian
– Kuis tertulis
– Pengamatan keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dalam tanya jawab/diskusi, penilaian sikap, minat, dan tingkah laku siswa.
– Tugas

Contoh Soal Kuis Akhir
1. Tulislah dimensi kecepatan
2. Di antara besaran: massa, kecepatan, waktu, kuat arus listrik, yang bukan merupakan besaran pokok?
3. Satu miligram sama dengan ... kg.
4. Di manakah kilogram standar disimpan?

Jawaban Kuis
1. L T–1
2. kecepatan
3. 10–6
4. Paris

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023