Langsung ke konten utama

Jurnal Tantangan Hari Ke-3 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)


Bismillaahirrahmaanirrahiim.


Hari ini adalah hari ketiga bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Rencana stimulasi untuk Rafif selama 14 hari boleh dilihat di sini. 👉Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3


Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut:


Dari tiga pilihan aktivitas yang direncanakan, Bunda akhirnya menjalankan aktivitas yang kedua, yaitu memanggil Rafif dengan julukan yang baik. 

Cerita Bunda tentang Aktivitas Stimulasi yang Dijalankan Hari Ini


Nama adalah doa. Dalam nama yang diberikan orang tua kepada anak terdapat harapan kebaikan bagi sang anak dalam kehidupannya. 

Nah, dalam tantangan kali ini, Bunda mencoba memanggil Rafif dengan mengiringi namanya dengan makna dari namanya. Hal ini Bunda lakukan saat Rafif sedang makan malam. 

"Hai Rafif, anak yang  berakhlak baik!" demikianlah Bunda memanggil Rafif tadi.

Kadang Bunda juga memanggil Rafif seperti ini, "Hai Rafif yang cerdik, kuat, dan tampan!"


Hasil Observasi Stimulasi yang Diberikan 

Setelah Bunda memanggil Rafif yang diiringi dengan makna namanya "berakhlak baik", Rafif merespon dengan menatap lembut Bunda dan mengusap pipi Bunda dengan tangannya, serta diwajahnya terukir senyum yang manis.

Setelah Bunda memanggil Rafif yang diiringi makna namanya  "cerdik, kuat, dan tampan", Rafif juga tersenyum. Setelah itu ia mengajak Bunda membahas makna cerdik yang menurutnya berarti pintar dan hebat. Namun ia mempertanyakan, mengapa temannya saat bermain bersamanya pernah bilang bahwa Rafif cerdik, yang artinya curang. Rafif heran dengan perbedaan makna ini. Bunda pun meminta Rafif menirukan bagaimana ekspresi dan nada suara temannya saat bilang "Rafif cerdik!". Rafif pun menirukannya. (Dalam bahasa Minang, cerdik alias "cadiak" kadang dipakai untuk mengungkapkan bahwa seseorang curang. Namun, Bunda merasa bahwa jika yang dimaksud adalah curang, maka kata yang dipakai seharusnya "galia"). Bunda pun menjelaskan pada Rafif terkait perbedaan makna ini. Bunda bertanya pada Rafif, apakah jika Rafif kalah dalam permainan, Rafif tidak mau mengakuinya. Rafif menjawab bahwa demikianlah keadaanya. Lalu Bunda menjelaskan bahwa hal itulah yang membuat teman Rafif bilang bahwa Rafif "cadiak" saat itu. Seharusnya dalam permainan, kita harus sportif. Jika memang kalah, akui saja kekalahan kita. Setelah mendengarkan penjelasan Bunda, Rafif sepertinya mulai memahami perbedaan makna kata cerdik tersebut.


Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Sayangnya Bunda tidak sempat mendokumentasikan aktivitas tantangan hari ini. 


Demikianlah kisah petualangan Bunda dan Rafif pada tantangan zona 3 Bunda Sayang hari ini. Semoga esok lebih baik. Aamiin.




#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike-3

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMAN 5 PARIAMAN

SMAN 5 Pariaman merupakan SMA termuda di kota Pariaman. Siswa/i angkatan pertama di SMAN 5 diterima pada tahun ajaran 2009/2010. Ini berarti, siswa/i tersebut saat ini sudah duduk di kelas XII. Pada tahun pertama berdirinya, kegiatan pembelajaran di sekolah ini dilaksanakan di SMAN 1 Pariaman. Demikian pula halnya dengan kegiatan pembelajaran pada tahun kedua. Pada tahun ketiga, siswa/i kelas X sudah mulai mengikuti kegiatan pembelajaran di gedung SMAN 5 Pariaman, sementara kelas XI dan XII masih mengikuti kegiatan pembelajaran di gedung SMAN 1 Pariaman. SMAN 5 Pariaman yang dipimpin oleh bapak Drs. Admiral ini, saat ini terdiri dari 14 rombongan belajar. terdiri dari 6 rombongan belajar kelas X, 4 rombongan belajar kelas XI, dan 4 rombongan belajar kelas XII. Kelas XI terdiri dari 1 rombongan belajar kelas IA dan 3 rombongan belajar kelas IS. Sedangkan kelas XII terdiri dari 2 rombongan belajar kelas IA dan 2 rombongan belajar kelas IS. Kegiatan pembelajaran didukung oleh 24 orang ...

Fokus Pada Hasil Komunikasimu, Marah-Marah Nanti Dulu

Jurnal Latihan Komunikasi Produktifku Hari Ke-6 Bismillaahirrahmaanirrahiim  Alhamdulillah, hari ini aku masih terus berusaha melatih komunikasi produktifku. Kawan bicaraku pada kesempatan ini yaitu anakku. Fokus utama yang kulatih yaitu pada poin "I am responsible for my communication results". Jadi, akulah yang bertanggung jawab atas hasil komunikasiku.  Tadi aku mendapati pakaian yang tersusun di lemari pakaian anakku berantakan. Adakalanya, saat situasi yang terjadi tidak sesuai harapanku, hatiku terasa sempit dan menjadi mudah marah pada anakku. Namun,  karena hasil komunikasiku adalah tanggung jawabku, maka aku fokus untuk menyampaiakan apa yang aku harapkan dilaksanakan atau diperbaiki oleh anakku di masa depan. Maka tadi, dalam merespon pakaian yang berantakan tadi, aku memilih untuk bertanya pada anakku. "A, mau Bunda tunjukkan caranya agar susunan pakaian tidak berantakan setelah mengambil baju?" "Tidak mau," jawab A. Aku pun bertanya lagi, ...

Jurnal Ke-1 Zona 8 - Berkegiatan Bersama Keluarga

  #tantanganzona8 #berkegiatanbersamakeluarga #jurnalke-1 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023