Langsung ke konten utama

Jurnal Tantangan Hari Ke-6 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

 


Bismillahirrahmaanirrahiim.

Hari ini memasuki hari ke-6 bagi bunda (baca: saya) menjalani tantangan zona 3 kelas Bunda Sayang 8 di Institut Ibu Profesional.

Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Rencana aktivitas stimulasi yang Bunda berikan kepada Rafif hari ini seperti terlihat pada tabel berikut.

Dari tiga rencana aktivitas tersebut, alhamdulillah terlaksana dua aktivitas, yaitu membaca Al-Qur'an dekat Rafif dan mengajak Rafif mengulang hafalan surat pendeknya.

Cerita Bunda tentang Aktivitas Stimulasi yang Dijalankan Hari Ini

Tadi setelah magrib, Bunda membaca Al-Qur'an dekat Rafif. Jika beberapa hari yang lalu Rafif bereaksi dengan ikut mengambil Al-Qur'an dan membacanya, hari ini berbeda. Rafif hanya menyimak bunda. Setelah bunda selesai membaca Al-Qur'an bunda bertanya kepada Rafif tentang perasaannya saat bunda membaca Al-Qur'an. Rafif menyatakan bahwa dia senang, lalu tak lama dia bilang biasa saja. Bunda lalu mengkonfirmasi ulang. Lalu Rafif menjawab bahwa dia senang. Bunda berdoa semoga Rafif selalu senang saat menyimak bacaan Al-Qur'an ya, nak. Aamiin.

Tadi bunda juga mengajak Rafif untuk mengulangi hafalan surat pendeknya. Awalnya dia menolak. Lalu bunda katakan bahwa saat mengulangi hafalannya, bunda tidak akan merekamnya (dengan ponsel) dan bunda juga bilang bahwa mengulangnya tiga ayat saja, tidak apa-apa. Akhirnya Rafif mau mengulangi hafalannya sebanyak tiga ayat, namun dengan kecepatan pengucapan yang tergolong tinggi. Beberapa hari yang lalu bunda juga meminta Rafif mengulang hafalannya. Waktu itu, ustadzahnya meminta agar para ayah bunda di kelas Rafif membantu mengirimkan video saat anandanya mengulang hafalan. Saat itu Rafif mencoba menghindar karena dia merasa malu kalau direkam. Setelah bunda bujuk dan bunda mencoba hingga empat kali take video, akhirnya Rafif mau mengulangi hafalannya dan bunda merekam Rafif saat mengulang hafalannya.   

Hasil Observasi Stimulasi yang Diberikan

Berdasarkan pengamatan konfirmasi bunda kepada Rafif, Rafif merasa senang jika bunda membaca Al-Qur'an dekat Rafif. Semoga dengan cara ini Rafif tumbuh semangatnya untuk membaca Al-Qur'an karena kesadarannya sendiri, bukan karena terpaksa akibat disuruh bunda. Lain waktu bunda akan mencoba juga membujuk Rafif agar mencoba konsisten membaca Al-Qur'an di rumah setiap hari, setidaknya sekali setelah salat fardu magrib, misalnya.

Untuk kemauan mengulang hafalan Al-Qur'an, bunda masih perlu terus menyemangati Rafif. Tapi kegiatan Rafif mengulang hafalan tadi, menurut bunda, sudah merupakan kemajuan, karena tidak butuh waktu terlalu lama bagi Rafif untuk bersedia mengulang hafalan, dibandingkan 2 hari lalu.

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Hari ini, Bunda tidak mendokumentasikan aktivitas Rafif. Video berikut adalah rekaman beberapa hari yang lalu.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

SMAN 5 PARIAMAN

SMAN 5 Pariaman merupakan SMA termuda di kota Pariaman. Siswa/i angkatan pertama di SMAN 5 diterima pada tahun ajaran 2009/2010. Ini berarti, siswa/i tersebut saat ini sudah duduk di kelas XII. Pada tahun pertama berdirinya, kegiatan pembelajaran di sekolah ini dilaksanakan di SMAN 1 Pariaman. Demikian pula halnya dengan kegiatan pembelajaran pada tahun kedua. Pada tahun ketiga, siswa/i kelas X sudah mulai mengikuti kegiatan pembelajaran di gedung SMAN 5 Pariaman, sementara kelas XI dan XII masih mengikuti kegiatan pembelajaran di gedung SMAN 1 Pariaman. SMAN 5 Pariaman yang dipimpin oleh bapak Drs. Admiral ini, saat ini terdiri dari 14 rombongan belajar. terdiri dari 6 rombongan belajar kelas X, 4 rombongan belajar kelas XI, dan 4 rombongan belajar kelas XII. Kelas XI terdiri dari 1 rombongan belajar kelas IA dan 3 rombongan belajar kelas IS. Sedangkan kelas XII terdiri dari 2 rombongan belajar kelas IA dan 2 rombongan belajar kelas IS. Kegiatan pembelajaran didukung oleh 24 orang ...

Fokus Pada Hasil Komunikasimu, Marah-Marah Nanti Dulu

Jurnal Latihan Komunikasi Produktifku Hari Ke-6 Bismillaahirrahmaanirrahiim  Alhamdulillah, hari ini aku masih terus berusaha melatih komunikasi produktifku. Kawan bicaraku pada kesempatan ini yaitu anakku. Fokus utama yang kulatih yaitu pada poin "I am responsible for my communication results". Jadi, akulah yang bertanggung jawab atas hasil komunikasiku.  Tadi aku mendapati pakaian yang tersusun di lemari pakaian anakku berantakan. Adakalanya, saat situasi yang terjadi tidak sesuai harapanku, hatiku terasa sempit dan menjadi mudah marah pada anakku. Namun,  karena hasil komunikasiku adalah tanggung jawabku, maka aku fokus untuk menyampaiakan apa yang aku harapkan dilaksanakan atau diperbaiki oleh anakku di masa depan. Maka tadi, dalam merespon pakaian yang berantakan tadi, aku memilih untuk bertanya pada anakku. "A, mau Bunda tunjukkan caranya agar susunan pakaian tidak berantakan setelah mengambil baju?" "Tidak mau," jawab A. Aku pun bertanya lagi, ...

Jurnal Ke-1 Zona 8 - Berkegiatan Bersama Keluarga

  #tantanganzona8 #berkegiatanbersamakeluarga #jurnalke-1 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023