Langsung ke konten utama

Catatan Kajian Subuh - 1 Ramadhan 1444 H

Hal-hal yang perlu diingat selama menjalankan ibadah:
1. Beramallah sesuai ilmu. Jika terjadi perbedaan pendapat di antara kita terkait tata cara pengamalan puasa, tak perlu saling menyalahkan, namun gali lagi ilmunya.

2. Janganlah memutuskan niat selama puasa sedang dijalankan.

3. Jangan sampai dalam sehari menjalankan ibadah puasa, lebih banyak keburukan yang kita jalankan, daripada kebaikan.

4.Bulan Ramadhan adalah bulan menahan. Menahan lapar, menahan haus, menahan amarah. 

5. Agama itu pilihan.

6. Agama itu kehendak.

7. Minta ampun itu adalah kebaikan, dan di antara waktu utama minta ampun adalah di bulan Ramadhan, di akhir malam, dan setelah shalat fardhu.

8. Dalam menjalankan ibadah, tolong perhatikan 3 hal yaitu di awal, pada saat, dan setelah ibadah. Contoh, sebelum shalat, di awal perlu berniat, pada saat shalat, jalankanlah shalat dengan memenuhi syarat dan rukun shalat, setelah shalat ingatlah berdoa, mohon agar Allah menerima shalat kita. Demikian pula halnya dalam menjalankan ibadah lainnya.

9. Rasulullah SAW dalam menjalankan puasa selalu beristighfar.

10. Rasulullah SAW dalam menjalankan puasa senantiasa membaca Al-Qur'an. Biasakan mengulang-ulang hafalan Al-Qur'an kita.

11. Rasulullah SAW dalam menjalankan ibadah senantiasa bersedekah. Bersedekahlah walaupun sekedar sebiji kurma. Sedekah dapat pula berupa menyingkirkan hambatan/duri di jalan. Sedekah dapat pula berupa senyuman kita terhadap orang lain.

12. Ibadah yang paling bagus itu adalah yang paling berat dalam menjalankannya.

13. Laksanakanlah puasa itu dengan senantiasa mengingat Allah. Jika kita mengingat Allah, kita akan terhindar dari perbuatan yang dilarang Allah.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023