Langsung ke konten utama

Udang Saus Padang ala Selera Bunda R


Mampu menyajikan hidangan yang halal dan sehat untuk keluarga setiap hari mungkin merupakan impian setiap bunda, termasuk saya. Sejak awal bulan Februari 2023 ini saya mencoba konsisten memasak setiap hari atau minimal sekali dalam dua hari demi mewujudkan impian saya tersebut. Dengan memasak setiap hari, saya bisa menyediakan menu yang berbeda setiap harinya dengan porsi memasak secukupnya, sesuai kebutuhan konsumsi keluarga pada hari tersebut.

Upaya mewujudkan mimpi ini diawali dengan menyusun rencana menu untuk seminggu. Agar dapat memenuhi selera masing-masing anggota keluarga, semua anggota dilibatkan dalam memilih menu yang ingin dinikmati dalam seminggu ke depan. Dengan menyusun rencana menu, saya bisa lebih hemat waktu dalam berbelanja dan lebih hemat biaya. Meskipun saya sudah mengetahui sejak lama bahwa menyusun rencana menu seminggu sangat besar manfaatnya bagi saya dalam menyiapkan masakan, namun saya baru mencoba disiplin bulan ini. Semoga semangat untuk merencanakan menu seminggu ini tetap bertahan hingga seterusnya. 

Hari ini, saya memasak menu ini. Udang saus Padang. Menu udang merupakan salah satu menu favorit keluarga saya. Setelah browsing-browsing di internet dan membandingan dengan cara memasak menu ini dari pengalaman saya sebelumnya, akhirnya jadilah menu Udang Saus Padang ala Selera Bunda R ini.

Alhamdulillah suami dan anak suka. Makannya nambah sampai dua kali. Salah satu kebahagiaan seorang bunda adalah ketika masakannya disukai oleh suami dan anak-anaknya. Fabiayyi aala iRabbikumaa tukadzdzibaan. 😊

Udang Saus Padang ala Selera Bunda R

Bahan :
1/2 kg   udang
1 buah jeruk nipis
1/4 sdt  garam (untuk marinasi udang)
3 buah kentang (kupas dan lumuri 1/4 sdt garam halus)
1 sdm   saus tiram
1/4 sdt  lada putih
1/2 sdt  gula pasir
1 buah tomat dipotong dadu
100ml  minyak goreng
50 ml   air
2 batang daun bawang, iris serong

Bumbu yang dihaluskan:
1 ons       cabe merah (kira-kira 30 buah)
10 siung bawang merah
4 siung   bawang putih
1/2 ruas  jahe (boleh digeprek saja)
1 sdt        garam

Cara Membuat:
  1. Cuci udang, buang kepala dan kotorannya. Tarik pembuluh sarafnya (seperti benang berwarna hitam). Marinasi dengan garam dan jeruk nipis selama lebih kurang 15 menit.
  2. Kupas kentang, cuci bersih dan lumuri garam.
  3. Ulek bumbu yang dihaluskan.
  4. Goreng kentang hingga berwarna kekuningan, angkat dan tiriskan.
  5. Goreng udang sekitar tiga puluh hingga 60 detik, angkat dan tiriskan.
  6. Tumis bumbu yang dihaluskan hingga harum, lalu masukkan tomat, aduk rata, lalu masukkan air. Aduk-aduk sampai mendidih dan tomat hancur.
  7. Masukkan saus tiram, lada putih, gula, aduk rata.
  8. Masukkan kentang dan udang, masak selama 1 menit.
  9. Angkat, lalu taburi daun bawang.
  10. Hidangkan untuk keluarga tercinta.
#KLIP2023
#KelasLiterasiIbuProfesional2023



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023