Langsung ke konten utama

Jurnal Tantangan Hari Ke-12 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

 


Bismillaahirrahmaanirrahiim.

Hari ini bunda menjalani tantangan hari ke-12 di zona 3 kelas Bunda Sayang 8. 

Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Rencana aktivitas hari ini tercantum pada tabel berikut.


Cerita Bunda tentang Aktivitas Stimulasi yang Dijalankan Hari Ini

Jadi hari ini bunda mencoba membatasi waktu Rafif dalam menggunakan hp. Hal ini sudah "disounding" sejak tadi malam. Rafif awalnya tidak terima dan mengungkapkan protesnya kepada bunda. Menjelang tidur Rafif masih mencoba bernegosiasi dengan bunda agar bunda tidak mengurangi "jam nonton" hpnya. Namun bunda mencoba untuk tegas dan tega. Menjelang tidur mata Rafif berkaca-kaca karena masih belum bisa  menerima keputusan bunda. Rafif masih kesal dan kecewa kepada bunda. Bunda tetap berusaha "selow" dan tidak luluh.

Biasanya di hari libur, pagi-pagi Rafif sudah minta izin untuk dibukakan kunci ponsel bunda. Tadi pagi Rafif tidak melakukan hal itu, melainkan hanya mengekspresikan rasa tidak terimanya tentang batasan waktu menontonnya. Dia masih mencoba menawar agar tetap diizinkan membuka google map saja. Sementara bunda tetap bersikukuh dengan rencana tadi malam. Rafif bilang bahwa dia akan merasa bosan jika tidak boleh main hp. Bunda membujuk Rafif agar mencari aktivitas lain agar tidak bosan, seperti menggambar, membuat menara. Namun Rafif terima dengan  bujukan bunda. Bunda mencoba untuk "cuek" sejenak pada Rafif, karena sepertinya semakin direspon, Rafif bukannya makin tenang malah makin marah. Jadi segala keluh kesah Rafif hanya bunda dengarkan saja, namun tidak ditanggapi. Setelah beberapa waktu, Rafif mulai tampak tenang dan mulai menggambar. Bosan menggambar, Rafif pun mencoba mengalihkan energinya pada kegiatan membuat tiruan menara. Di sela-sela kegiatannya Rafif kadang bertanya kepada bunda tentang gambarnya atau menara buatannya dengan nada normal, seolah tidak lagi kesal kepada bunda. Saat bosan membuat menara atau menggambar, Rafif mendekati bunda sambil membawa selembar kertas yang ternyata berisi cerita yang ditulisnya. Rafif meminta bunda membacanya. Sambil "nyender-nyender santai" ke lengan bunda, Rafif menyimak bunda membacakan cerita berjudul "Kunti Merah" 😁. Jelang waktu "boleh nonton"nya tiba, Rafif minta izin menggunakan hp, katanya hanya lihat-lihat foto di galeri dan buka-buka google untuk mencari gambar menara. Hmm.. Akhirnya bunda luluh juga dengan syarat hanya 2 itu saja yang Rafif lihat. Alhamdulillah Rafif menurut.

Ketika jam "boleh nontonnya" tiba, Rafif "menyambil" dengan membuat menara dan menggambar. Kadang dia minta perhatian bunda untuk melihat gambarnya dan menyimak ceritanya tentang gambarnya. Adakalanya saat bunda telat merespon atau kurang fokus memperhatikan gambarnya, Rafif memanggil bunda dengan nada yang lebih tegas agar bunda segera fokus memperhatikan gambar dan penjelasan tentang gambarnya.


Hasil Observasi Stimulasi yang  Diberikan

Dibandingkan rencana awal, bunda bisa mewujudkan dua rencana yaitu berlatih menjadi pendengar yang baik dan membuat suasana yang komunikatif dengan Rafif. Menurut bunda, Rafif memang sedang berkembang egonya, sedang berkembang keinginan yang kuat agar eksistensinya diakui. Keberanian mengekspresikan perasaan masih terus berkembang. Kemampuan menangkan diri secara mandiri mulai berkembang dan perlu untuk terus dilatih. 

Ketika jam nontonnya dibatasi, awalnya Rafif memang kesal, tidak terima, namun butuh kekuatan hati bunda untuk konsisten dan tegas terhadap peraturan dan kesepakatan bersama Rafif. Akhirnya Rafif bisa tenang dan mencari aktivitas lain untuk mengisi waktunya. Justru ketika "kurang menonton" Rafif menjadi lebih banyak berkomunikasi dengan bunda dan ayah, lebih terkendali emosinya, lebih cepat merespon ketika bunda memanggilnya. 


Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Gambar yang dibuat Rafif yang diceritakan Rafif kepada bunda


#tantanganzona3

#tahapperkembangananak

#harike-12

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023