Langsung ke konten utama

Jurnal Tantangan Hari Ke-7 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)



 Bismillaahirrahmaanirrahiim. 

Akhirnya sampai juga di hari ke-7 bagi bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan zona 3 kelas Bunda Sayang, Institut Ibu Profesional. Jika jurnal hari ini selesai dengan baik, maka hari ini menjadi hari pertama bunda meraih badge YE alias "You are Excellent" di  kelas Bunda Sayang. Meskipun meraih badge adalah bonus, karena yang utama adalah bagaimana bunda lebih peduli dan berkesadaran penuh terhadap tahap perkembangan anak bunda, namun tetap saja keberhasilan meraih badge menjadi sebuah kebahagiaan sendiri bagi bunda.

Baik. Tanpa perlu banyak mukaddimah, bunda langsung masuk ke rencana aktivitas stimulasi hari ini.

Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Rencana aktivitas stimulasi yang Bunda berikan kepada Rafif hari ini seperti terlihat pada tabel berikut.


Cerita Bunda tentang Aktivitas Stimulasi yang Dijalankan Hari Ini

Menurut rencana, bunda hari ini akan menerapkan aturan yang jelas tentang penggunaan ponsel. Tadi Rafif menggunakan ponsel bunda, sementara ponsel tersebut sedang "dicas". Bunda meminta Rafif untuk tidak menggunakan ponsel saat ponselnya sedang dicas. Saat itu Rafif sedang menggunakan sebuah aplikasi yang disenanginya,  sehingga dia terlihat keberatan saat bunda memintanya berhenti dulu menggunakan ponsel. Kemudian bunda memberi toleransi waktu 5 menit sebelum berhenti. Ternyata setelah 5 menit, Rafif pun berhenti menggunakan ponsel. Namun pada malam hari, ketika ponsel ayah sedang dicas, Rafif malah menggunakan ponsel ayah. 

Terkait pembagian waktu belajar dan menonton acara TV kesukaan Rafif, kami menyepakati bahwa waktu belajar Rafif adalah sebelum acara TV kesukaannya dimulai. Saat ini Rafif sedang mengikuti Penilaian Akhir Semester (PAS), jadi Bunda mendampingi Rafif saat membahas kiss-kisi ujian. Namun saat jam belajar Rafif tiba, bunda masih sibuk di dapur. Akhirnya pembahasan kisi-kisi dilakukan saat sedang ada iklan di pertengahan acara TV kesukaan Rafif.

Tadi Rafif membuat jeruk peras.Kami sudah pernah menyepakati bahwa setelah melakukan kegiatan yang akhirnya menimbulkan sampah atau menyebabkan ruang kegiatan kotor, maka harus segera dibersihkan. Alhamdulillaah, tadi Rafif langsung mengemasi ampas kulit jeruk, menyimpan wadah yang dipakai, namun tidak mau mengepel lantai yang lembab. 

Hasil Observasi Stimulasi yang Diberikan

Terkait kedisiplinan ini, Rafif sudah mulai mau mengikuti aturan yang disepakati, namun belum konsisten. Perlu latihan terus menerus agar Rafif kokoh kedisiplinannya. Ini menjadi PR bagi bunda agar lebih tegas dan konsisten dalam menegakkan peraturan yang disepakati bersama. 

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023