Langsung ke konten utama

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 4 (Melatih Kemandirian Anak)

 Bismillahirrahmaanirrahiim 

Hari ini adalah hari ke-2 dalam menjalani tantangan zona 4 kelas Bunda Sayang 8. Meskipun hari ini cukup melelahkan, namun tetap berusaha semangat menjalani tantangan hari ini.

Hari ini bunda (alias saya) melatih kemandirian Rafif (8 tahun) dalam hal bermalam tanpa bersama ayah bunda hari ke-2.

Sebenarnya hal ini bukan direncanakan. Awalnya bunda berencana hanya malam kemarin Rafif tidak bersama ayah dan bunda, namun karena ada urusan bunda yang belum selesai, jadilah bunda hari ini belum bisa kembali ke rumah kakek neneknya Rafif.

Sore tadi, nenek Rafif menelpon bunda. Nenek menanyakan apakah bunda jadi kembali ke rumah nenek karena Rafif sudah bertanya-tanya.

Saat bunda sampaikan kepada nenek dan Rafif bahwa bunda mungkin besok kembali ke rumah nenek, awalnya Rafif "heboh", tidak terima, protes keras, nada suaranya tinggi, dan segera menjauh dari layar ponsel karena tidak senang mendengar kabar dari bunda. Rafif bersikeras meminta bunda agar kembali hari ini juga. Hal ini sesuai dengan prediksi bunda kemarin bahwa Rafif mungkin tidak terima jika bunda lebih dari sehari tidak bersama Rafif.

Bunda lalu mencoba (sekaligus terus berlatih) memanggil Rafif dengan nada lembut dan biasa (tidak ikut-ikutan marah karena terpengaruh marahnya Rafif). Bunda meminta Rafif untuk mencoba duduk dulu dan mencoba tenang. Namun Rafif tidak serta merta mengikuti permintaan bunda. Bunda berusaha untuk tidak memaksa Rafif dan memberi waktu untuk Rafif merilis emosi marahnya. Nenek Rafif juga mencoba membujuk Rafif. Setelah kira-kira 2 menit Rafif mau mendekat lagi ke layar ponsel. Bunda kemudian menjelaskan alasan mengapa bunda belum kembali yaitu karena lelah sebab bunda dan ayah baru pulang dari perjalanan ke ibukota provinsi, alasan berikutnya karena cuaca mendung, dan ketiga karena sudah sore. Meskipun mau mendengarkan, namun Rafif sepertinya masih belum rela. Akhirnya bunda memutuskan untuk mengakhiri dulu komunikasi via video call karena ingin memberi waktu lebih bagi Rafif untuk belajar mengelola emosinya. 

Jelang magrib, bunda kembali menghubungi nenek, melakukan video call. Berkomunikasi lagi dengan Rafif. Alhamdulillah ternyata Rafif sudah tidak marah lagi. Rafif malah sedang asyik membuat makanan yang diblender seperti yang sedang disiapkan nenek untuk kakek. Bunda menanyakan kembali bagaimana suasana hati Rafif jika bunda tidak kembali hari ini. Alhamdulillah Rafif mengizinkan. Nenek juga mengkonfirmasi berulang-ulang kepada Rafif tentang hal ini. Alhamdulillah Rafif dengan mantap menjawab bahwa dirinya merasa tidak apa-apa jika bunda tidak jadi kembali ke rumah nenek hari ini. 

Alhamdulillah. 

Malam ini jam 10 lewat, bunda me-wa eteknya Rafif menanyakan apakah Rafif sudah tidur. Alhamdulillaah ternyata sudah tidur dan tidak ada kendala.

Alhamdulillah bunda senang dengan progress Rafif. Bunda pun banyak belajar hari ini terkait upaya berkompromi dengan Rafif. 

Hasil aktivitas Rafif mengisi waktu tadi sore di bawah pengawasan nenek.

Foto yang dikirimkan etek Rafif saat Rafif sudah tidur malam ini.




#tantanganzona4

#melatihkemandiriananak

#harike-1

#bundasayang8

#institutibuprofesional

#ibuprofesionaluntukindonesia

#bersinergijadiinspirasi

#ip4id2023

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023