Langsung ke konten utama

Jurnal Tantangan Hari Ke-4 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

 


Bismilaahirrahmaanirrahiim.

Hari ini Bunda (baca: saya) menjalani tantangan hari ke-4 zona 3 kelas Bunda Sayang 8, Institut Ibu Profesional.  

Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini

Rencana aktivitas stimulasi yang Bunda berikan kepada Rafif ada pada tabel berikut.

Dari rencana stimulasi tersebut, Bunda merealisasikan stimulasi berupa memberikan pujian pada Rafif atas perilaku baik yang dilakukan Rafif serta memberikan pujian berupa acungan jempol, pelukan, ciuman, dll.


Cerita Bunda tentang Aktivitas Stimulasi yang Dijalankan Hari Ini


Pada kesempatan ini, Bunda meminta Rafif untuk memotong kukunya sendiri. Alhamdulillah Rafif mau melakukannya. Setelah Rafif selesai memotong kukunya sendiri, Bunda memuji Rafif dengan kalimat seperti ini, "Pintar anak Bunda ya, mau potong kuku sendiri!". Pujian ini diiringi dengan acungan jempol Bunda untuk Rafif. Reaksi Rafif malah mengacungkan jempol mengarah ke bawah, sambil bibirnya dikondisikan sedikit monyong. Bunda bertanya kepada Rafif,  "Mengapa Rafif mengacungkan jempolnya ke bawah, apakah Rafif tidak senang jika Bunda memuji dan "memberi" jempol untuk Rafif? Rafif menjawab, "Senang," sementara jempolnya berbalik ke arah atas.

Tadi Rafif juga mengisi waktu dengan membuat gambar di kertas dan juga di aplikasi paint. Bunda memuji gambar Rafif dengan mengucapkan, "Masya Allah!"


Hasil Observasi Stimulasi yang Diberikan

Berdasarkan pengamatan Bunda, sepertinya Rafif merasa senang jika Bunda memuji perbuatan baiknya atau karyanya. Walaupun kadang seolah direspon negatif, seperti mengacungkan jempol ke bawah. Mungkin ada rasa malu atau gengsi saat dipuji oleh Bunda. Tapi kadang Rafif diam saja saat Bunda memujinya.

Dokumentasi Aktivitas Stimulasi Hari Ini


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jurnal Tantangan Hari Ke-1 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

  Ceritaku tentang pengalaman stimulasi hari ini adalah sebagai berikut. Hari ini Bunda yang menjemput R pulang sekolah. Bunda menanyakan bagaimana perasaan R hari ini. R menjawab baik-baik saja.  Apakah R bisa menjawab soal ujian hari ini?. R menjawab bisa, Bund. bagaimana dengan K (teman K), ada K main sama R tadi? (K adalah teman R yang 2 hari yang lalu bertengkar dengan R) R jawab ada. Masih ada K bilang bahwa K ndak mau berteman dengan R lagi (awalnya K bercanda, tapi karena keseringan R menjadi marah dan bertengkar dengan K 2 hari lalu). ini sekelumit percakapanku dengan R tadi.  Alhamdulillah aku bisa menjadi pendengar yang baik hari ini untuk R. Sementara R, hingga malam ini sebagian besar dalam suasana hati yang baik. Semoga ini adalah dampak dari Bundanya yang berusaha menjadi pendengar yang baik. Aamiin.

Jurnal Tantangan Hari Ke-2 Zona 3 (Tahap Perkembangan Anak)

Bismillaahirrahmaanirrahiim. Hari ini adalah hari kedua bagi Bunda (baca: saya) dalam menjalani tantangan pada zona 3 kelas Bunda Sayang di Institut Ibu Profesional. Tema pada zona 3 ini yaitu "Tahap Perkembangan Anak". Selama 14 hari sejak tantangan dimulai, Bunda  ditantang untuk memberikan stimulasi yang tepat terhadap perkembangan anak sesuai dengan usianya. Bagi yang penasaran seperti apa rencana Bunda, sangat boleh untuk mengintipnya di sini 👉 Jurnal Tantangan Hari ke-1 zona 3 .  Rencana Aktivitas Stimulasi Hari Ini Adapun rencana Bunda hari ini dapat dilihat pada tabel berikut: Bunda memilih aspek emosi untuk distimulasi karena anak diusia 7-8 tahun cenderung mudah marah karena hal sepele. Hal ini terjadi terjadi karena anak usia tersebut sedang mengalami lonjakan hormon yang memicu peningkatan emosi. Rafif pun sering mengalami hal ini. Di usia ini, anak juga mulai menginginkan lebih banyak privasi sehingga Rafif mungkin butuh aktivitas atau suasana yang memberinya ba

Tantangan Hari Ke-7 Zona 6 - Keterampilan Literasi (Ibu Baca Buku)

  #tantanganzona6 #ketrampilanliterasi #ibubacabuku #harike-7 #bundasayang8 #institutibuprofesional #ibuprofesionaluntukindonesia #bersinergijadiinspirasi #ip4id2023